Senin, 10 April 2017

BEM FKIP Universitas Riau Sukses Menggelar Aksi Peduli Pendidikan



PEKANBARU (13/03/2017) - Kegiatan Aksi Peduli Pendidikan (APP) yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP UR (BEM FKIP UR) pada pada 10-12 Maret 2017 di Desa Temusai Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak berlangsung sukses. Kegiatan tersebut ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat desa, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan mengangkat tema “Satu langkah kecil untuk pendidikan yang lebih baik”, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi warga desa. Desa Temusai dibagi menjadi tiga dusun, yakni Dusun I, Dusun II, dan Dusun III.

Dijelaskan dalam rilisnya, APP 2017 dikemas dalam beberapa kegiatan, yakni temu ramah dengan pihak kecamatan; temu ramah dengan pihak desa; maghrib mengaji; lomba mewarnai; lomba ranking 1; penyuluhan bahaya narkoba, pergaulan bebas, dan media sosial; penyuluhan bahaya zat aditif dalam makanan; cek kesehatan gratis; sosialisasi jalur masuk PTN; masak dan makan bersama; serta gotong royong dan ààápenanaman bibit buah.

Pada hari pertama, Jumat (10/03), acara yang diadakan adalah temu ramah dengan pihak kecamatan pukul 08.00-10.00 WIB di Kantor Camat Bungaraya. Panitia pelaksana APP disambut langsung oleh Bapak Camat Bungaraya. Siang harinya pukul 14.00 WIB agenda dilanjutkan dengan Pembukaan APP 2017 yang bertempatkan di Aula Balai Desa. Acara dibuka oleh kepala desa atau di sana disebut dengan Penghulu. Malam harinya, posko panitia didatangi oleh anak-anak untuk mengaji bersama.

Hari kedua APP, Sabtu (11/03), diisi dengan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan dengan lokasi kegiatan yang berbeda. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00-12.00 WIB. Sebagian besar kegiatan terpusat di sekitar Kantor Pemerintahan Desa Temusai, yakni di Dusun II. Beberapa rangkaian acara adalah senam bersama yang dilanjutkan dengan lomba mewarnai untuk tingkat TK. Kemudian penyuluhan bahaya narkoba, pergaulan bebas, dan media sosial yang menghadirkan pemateri dari Kepolisian Bungaraya. Acara dilanjutkan dengan lomba rangking 1 untuk tingkat SMP yang dilaksanakan di SMPN 2 Bungaraya. Ditempat yang berbeda dilangsungkan pula acara penyuluhan bahaya Bahan Tambahan Makanan (BTM) dengan pemateri Staf Puskesmas Bungaraya dan cek kesehatan gratis yang bekerja sama dengan bidan desa serta tak lupa sosialiasi jalur masuk PTN untuk siswa SMA/SMK oleh Arif Fadilah, salah seorang panitia pelaksana APP. Malam harinya acara dilanjutkan dengan pelaksanaan pengajian bersama warga desa di Masjid Darussalam Desa Temusai. Pengajian ini diisi oleh ustadz setempat.

Hari ketiga APP, Minggu (12/03), acara berlangsung dari pukul 08.00 WIB. Kegiatan dibuka dengan senam pagi bersama warga Desa Temusai, dilanjutkan dengan memasak bersama ibu-ibu yang berada di Dusun I, II, dan III. Sedangkan untuk bapak-bapak dan sebagian panitia melakukan gotong royong dan penanaman bibit pohon durian di sebagian jalan lintas Siak-Bengkalis. Usai melaksanakan masak bersama dan gotong royong, pada pukul 11.00 WIB dilangsungkan acara pelepasan panitia APP 2017 oleh Sekretaris Desa Temusai atau di sana disebut Kerani dan penyerahan kenang-kenangan oleh panitia yang diwakili oleh Gubernur Mahasiswa FKIP UR, Ridho Safna. APP 2017 pun ditutup dengan makan bersama serta salam-salaman dengan warga setempat.

“Banyak pelajaran yg dapat diambil dari APP kali ini, bagaimana kita bekerjasama, susah senang bersama, serta belajar bermasyarakat dengan baik. Semoga ini semua mendatangkan manfaat untuk panitia dan juga untuk warga desa”, tutur Ridho Safna selaku Gubma BEM FKIP UR.

Seluruh rangkaian kegiatan APP 2017 dilaksanakan selama 3 hari di Desa Temusai. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pendidikan dapat mengarahkan masyarakat menjadi lebih baik. Ketika pendidikan masyarakat baik, maka secara tidak langsung meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri. Jika taraf hidup masyarakat sudah meningkat, maka saat itu pulalah kualitas pendidikan Indonesia sudah mulai pulih.

(Dinas Kominfo BEM FKIP Universitas Riau)

0 komentar:

Posting Komentar