Rabu, 19 April 2017

Peduli Kaum Perempuan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Taja Seminar Kesehatan Perempuan


Pekanbaru (15/04/2017) - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM FKIP) Universitas Riau telah sukses menyelenggarakan Seminar Kesehatan Perempuan pada hari ini, Sabtu, 15 April 2017. Seminar kesehatan ini ditaja oleh dinas Pemberdayaan Peremuan BEM FKIP dengan mengangkat tema "Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara dan Kesehatan Reproduksi Wanita". Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh mahasiswi se-lingkungan FKIP.

Acara dibuka langsung oleh Gubernur Mahasiswa FKIP UR, Ridho Safna. "Seperti kata pepatah, sejatinya perempuan itu adalah rahim pergerakan. Tidak akan ada orang-orang hebat jika tidak lahir dari perempuan. Oleh karena itu, perempuan hebat bukan hanya yang kuat, tetapi juga yang sehat", ujar Ridho dalam sambutannya. 

Seminar kali ini mengundang dua orang pemateri yang luar biasa dan berpengalaman dibidangnya, yaitu ibu dr. Wiwit Ade, SpPA dengan pembahasan mengenai bahaya kanker payudara pada wanita dan ibu dr. Hanifal Yunis dengan pembahasan mengenai kesehatan alat reproduksi wanita.

Peserta sangat antusias selama acara berlangsung. Hal ini terlihat ketika banyaknya peserta yang bertanya kepada pemateri pada saat sesi tanya jawab. Dalam kesempatannya, pemateri memaparkan mengapa wanita sangat perlu memperhatikan kesehatan alat reproduksinya. "Daerah vital perempuan itu harus dijaga dan dirawat agar tetap sehat. Pola hidup sehat terutama makanan merupakan cara untuk menjaga kesehatan alat reproduksi", ujar dr. Hanifal Yunis. Selain itu, dr. Wiwit Ade juga berpesan agar perempuan mengenali gejala-gejala timbulnya kanker payudara agar tidak terlambat mengambil tindakan. "Kanker payudara ukuran awalnya dapat dianalogikan sebesar biji kacang. Perempuan harus menjaga kebersihan pakaian dan pola makan ataupun pola hidup sehat karena hal tersebut sangat berpengaruh", ujarnya.

Acara selesai pada pukul 11.00 WIB dan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan serta sesi foto bersama. Adanya seminar kesehatan perempuan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mahasiswi FKIP untuk menjaga kesehatannya terutama pada alat reproduksi dan lebih tanggap dalam mengantisipasi bahaya kanker payudara.


(Dinas Kominfo BEM FKIP - Latifa Ramadhani)

0 komentar:

Posting Komentar