Minggu, 29 Januari 2017

Bangkitkan Kepemimpinan dan Karakter Pemuda, BEM FKIP UR Gelar IMB



Pekanbaru (13/11/2016) - BEM FKIP Universitas Riau sukses menggelar Intelektual Muda Berkarakter (IMB) di Aula Rektorat Lantai 4 Universitas Riau. Intelektual Muda Berkarakter yang kemudian disingkat IMB merupakan training yang bertujuan sebagai salah satu wadah pembangun kapasitas kepemimpinan dan karakter pemuda. Training ini ditujukan khusus untuk mahasiswa FKIP Universitas Riau angkatan 2016. Kurang lebih 260 peserta yang berasal dari 16 program studi yang ada di FKIP UR terlihat antusias dari awal hingga akhir training. Hal ini terbukti dengan aktifnya peserta bertanya kepada pemateri serta fokus dalam mendengarkan materi yang disampaikan.

Training yang ditaja oleh Dinas Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM FKIP Universitas Riau ini dibuka secara resmi oleh Dr. Zulirfan S.Si, M.Si selaku Wakil Dekan I FKIP Universitas Riau. IMB mengusung tema “Intelektual Muda, Pemimpin Berkarakter, Pembangun Generasi Emas bangsa” dengan menghadirkan tokoh-tokoh pendidikan Riau. Selain itu, IMB turut mewadahi bakat-bakat generasi muda Riau, yakni Penampilan Musikalisasi Puisi dari siswa SMP IT Madani Pekanbaru dan Penampilan Nesha Kenade Putri, Mahasiswi Pendidikan Fisika 2016 FKIP Universitas Riau dengan menyanyikan lagu “Mimpi” dari Anggun C.Sasmi.

IMB dibagi menjadi tiga segmen, yaitu Training Pemuda Berkarakter, Empowering People, dan Training Motivasi. Masing-masing segmen turut menghadirkan tokoh-tokoh pendidikan Riau yang luar biasa. Pada segmen pertama, yakni Training Pemuda Berkarakter menghadirkan 3 narasumber, yaitu Dr. H. Syahril, S.Pd, MM (Ketua PGRI Provinsi Riau), Dr. H. Kamsol, MM (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau), dan Dr. Zulirfan, S.Si,M.Si (Wakil Dekan I FKIP Universitas Riau). Training ini dimoderatori oleh Fitri Dwi Hartati, Duta Pendidikan 2016 FKIP Universitas Riau.
“Guru berperan penting dalam melahirkan generasi emas berkarakter. Hal ini dikarenakan peran guru sebagai pendidik. Dari proses mendidiklah karakter tersebut dapat dibangun. Selain itu, kita perlu tahu bahwa kunci karakter adalah integritas. Jika integritas seseorang baik, maka baik pulalah karakternya. Begitu sebaliknya,” tegas Kamsol saat menyampaikan materinya. 

Empowering People menjadi topik pembahasan pada segmen kedua dengan menghadirkan pemateri, Drs. Jasfar Jas, M. Pd (Wakil Dekan II FKIP Universitas Riau) dan dimoderatori oleh Dedy Prianto, Wakil Gubernur Mahasiswa FKIP UR. IMB semakin menarik dengan hadirnya Wira Ramli, Trainer Muda Riau dan Founder WIRARAMLI Training & Consulting, untuk mengisi segmen ketiga.
Training yang terlaksana ini merupakan langkah awal untuk mengkader generasi penerus bangsa agar dapat menanamkan jiwa berkarakter mulai dari diri sendiri. Sebagai calon pendidik, adik-adik yang mengikuti training pada hari ini diharapakan dapat melakukan transfer ilmu terkait materi yang diperoleh pada anak didiknya sehingga kelak dapat melahirkan generasi emas bangsa yang berkarakter dan berintelektual seperti dalam tema IMB ini,” tutur Syahbanur, Ketua Pelaksana IMB yang ditemui usai acara.


(Kominfo BEM FKIP UR - Eliya Astika)

0 komentar:

Posting Komentar