Minggu, 29 Januari 2017

Peremajaan Sarana dan Prasarana FKIP UR



PEKANBARU, EDUZINE - Pada tahun ini, pihak biro FKIP UR melakukan renovasi dan peremajaan beberapa fasilitas perkuliahan di FKIP. Interior maupun eksterior bangunan dan ruangan mulai dibenahi di antaranya gedung Serbaguna, PGSD serta Microteaching FKIP UR. Hingga kini (23/11), gedung tersebut sudah rampung pengerjaannya. Namun, gedung ini belum bisa digunakan dalam jangka waktu yang belum dapat dipastikan dikarenakan belum sampai pada tahap finishing dan belum adanya serah terima dari kontraktor ke pihak kampus.

Selain perbaikan interior dan eksterior, gedung Serbaguna juga mengalami perluasan area. Gedung yang selalu menjadi tempat favorit kegiatan kemahasiswaan maupun perkuliahan ini disulap bak Auditorium FKIP.  Tujuan dilakukannya perbaikan dan perluasan gedung agar gedung tersebut dapat layak digunakan untuk perhelatan akbar seperti Olimpiade sehingga dapat menampung massa yang lebih banyak dari sebelumnya. Gedung ini diperkirakan dapat menampung sekitar 500 orang.

Selain perbaikan gedung Serbaguna, Microteaching, dan PGSD, saat ini juga sedang dilakukan pembuatan lahan parkir yang berlokasi tepat di lapangan basket FKIP UR dahulunya. Adanya pembuatan lahan parkir ini diharapkan dosen dan mahasiswa dapat memiliki fasilitas parkir yang layak dan aman. Seperti yang diungkapkan Bapak Drs. Jasfar Jas, M.Pd selaku Wakil Dekan II ketika ditemui di ruangannya, “Parkir juga sedang dibangun dilahan lapangan basket. Tujuannya supaya fasilitas parkir untuk mahasiswa dan dosen lebih layak dan aman. Untuk keamanan parkir rencananya akan dibuat 1 jalur masuk dan 1 jalur keluar. InsyaAllah akan dibuat juga sistem khusus untuk masuknya seperti menggunakan id card atau sejenisnya di tahun depan.”

Lebih lanjut, Beliau juga mengungkapkan bahwa alasan lapangan basket tersebut diubah menjadi lahan parkir adalah karena lokasinya sangat strategis dan aman. Kemungkinan orang untuk mencuri akan dapat diminimalisir sehingga dapat mengurangi kasus curanmor di lingkungan FKIP seperti yang sedang marak saat ini. Selain itu, sesuai jadwal dengan kontraktor, proses perbaikan akan selesai pada akhir Desember mendatang jika tidak ada halangan.

Untuk perencanaan di tahun 2017, pihak kampus mencanangkan akan membangun kembali Panggung Kreativitas Mahasiswa yang sekarang belum memiliki atap agar layak pakai, pembangunan lapangan basket yang baru, perbaikan gedung-gedung MIPA serta gedung Penjaskesrek dan Kepelatihan Olahraga.

Terkait dana perbaikan, Beliau menerangkan bahwa dana perbaikan gedung ini berasal dari dana lelang ULP (Unit layanan Pengadaan) yang diperoleh pihak FKIP pada lelang metode pemilihan langsung dengan pascakualifikasi yang diselenggarakan oleh LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik). Di dalam lelang tersebut selain mendapatkan dana untuk perbaikan gedung di FKIP Panam, pihak FKIP juga memperoleh dana pemeliharaan gedung Penjaskes di Kampus FKIP Rumbai. Dana tersebut akan dialokasikan untuk perbaikan labor dan aula di sana.


(Kominfo BEM FKIP UR - Susi Aningsih)


0 komentar:

Posting Komentar