Minggu, 29 Januari 2017

BEM FKIP UR Gelar Seminar Hari Guru Nasional


Pekanbaru (26/11/2016) - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-71 tahun yang jatuh pada 25 November, Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP Universitas Riau melalui Dinas Pendidikan melaksanakan Seminar Hari Guru di Aula Rektorat Lantai 4 Universitas Riau. Seminar yang mengusung tema “Guru vs Siswa, Orang tua? Pemerintah Bagaimana?” dihadiri oleh mahasiswa FKIP Universitas Riau yang merupakan calon guru masa depan.

            Seminar Hari Guru yang dibuka oleh Dr. Mahdum, S.Pd selaku wakil dekan III FKIP UR ini membahas permasalahan seputar kondisi pendidikan di Indonesia, terkhusus di Provinsi Riau yang melibatkan guru dan siswa serta kontribusi pemerintah dan institusi terkait dengan menghadirkan empat pemateri yang sudah berpengalaman di bidangnya.

            Sesi pertama seminar ini dimulai dengan pemberian materi oleh Prof. Dr. H. Isjoni, M.Si., Guru Besar FKIP UR, yang membahas sikap profesional seorang guru. Dilanjutkan dengan Dr. H. Syahril S.Pd., M.M (Ketua PGRI Provinsi Riau) yang membahas peran guru, siswa, dan orang tua dalam situasi terkini untuk membangun sinergisitas dalam pendidikan. Materi ketiga diisi oleh Kapolda Riau yang diwakili oleh Bapak Imron Teheri, S.Sos., M.H yang membahas peran dan keterlibatan kepolisian dalam menyelesaikan kasus yang menjerat guru dan siswa yang marak terjadi akhir-akhir ini. Materi terakhir disampaikan oleh Drs. Wirlisman, S.H., M.H selaku Ketua Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) PGRI Provinsi Riau yang membahas tentang peran aktif LKBH dalam melindungi Hak Intelektual (HAKI) para guru.

            Sesi berikutnya merupakan sesi-tanya jawab yang dipandu oleh Fitri Dwi Hartati yang bertindak sebagai moderator. Peserta seminar diberi kesempatan dalam mengajukan beberapa pertanyaan yang kemudian ditanggapi oleh para pemateri tersebut. Sebagai tambahan, para pemateri memberikan closing statement sebagai penutup sesi tanya-jawab tersebut. Seperti yang dikutip dari Dr. H. Syahril, S.Pd. MM, “Guru itu ibarat sungai, apabila hulunya bersih dan baik, maka hilirnya pun juga akan bersih dan baik. Untuk itu, jadilah guru yang baik agar dapat mencetak siswa yang berkualitas.”

Seminar tersebut ditutup dengan pemberian cenderamata dari panitia pelaksana kepada pemateri yang diikuti dengan sesi foto bersama. Selain itu, usai seminar, juga diumumkan pemenang Lomba Esai yang diadakan oleh Dinas Pendidikan BEM FKIP UR dalam rangka memperingati hari guru dengan tema "Permasalahan Pendidikan di Riau”. 


(Kominfo BEM FKIP UR - Ulfia Perdani)

0 komentar:

Posting Komentar